Monday, January 31, 2022

Penyebab dan cara Atasi Laptop Cepat panas

 Halo Halo selamat datang di channel saya, kali ini kita akan membahas Tentang Penyebab Laptop Panas. Jadi aku membagi penyebab laptop panas menjadi dua ada dari sisi hardware anda dari sisi software kita akan bahas satu-persatu, dari sisi software yang bikin panas itu adalah ketika processor laptop mendapat beban yang berat misalnya kita menggunakan aplikasi editing video saat merender nya atau bermain game yang sangat berat atau mungkin keren lagi melakukan benchmark test benchmark test itu biasanya untuk melakukan test mesin itu untuk menguji kemampuan laptop sampai mentok gitulah seluruh tubuhnya keluar saat pengujian tersebut Jadi selain aplikasi berat misalnya editing video atau main game yang berat atau stres thesteddy selain tiga hal ini kalau sampai laptop kalian panas ini berarti ada sesuatu yang lain penyebabnya itu ada pada background service excellent service itu apa jadi setiap program itu banyak d'grounds servicenya background service disini termasuk di Task Manager tapi ada service yang enggak bisa clean matikan the task manager nggak bisa lewat Task Manager jadi ada cara khusus untuk mematikannya servis-servis ini aktif karena ada misalnya bawaan aplikasi yang kita download atau memang dari bawaan operasi sistemnya, dan dari beberapa service ini enggak semuanya kita gunakan dan kita bisa mematikan service tersebut.



Bagaimana cara mematikan servicenya lihat cara berikut pertama Kalian pergi ke pencarian kemudian turun ketik Dash service, kalian Klik maka akan terbuka semua menu service Anda 6 ada deskripsi deskripsi ini adalah penjelasan tentang fungsi dari service yang disini dan ada statusnya ada running dan startup, tipenya di sini aku akan mencontohkan bagaimana memastikan sebuah service menggunakan contoh yang ini Windows Update, cleaned statusnya Oke Enggak ada statusnya berarti sudah mati dan tipenya manual atau Trigger, artinya harus kita yang mengaktifkannya supaya update-nya bisa dilakukan windows update-nya sekarang Klik Kanan properties. nah service statusnya stop kalau di kalian Mungkin ini traning dan untuk mematikannya kalian klik stop apa fungsinya mematikan Windows Update Ini, fungsinya adalah agar laptop kita nggak update update secara otomatis seenaknya gitu.



Sedikit yang menentukannya Kapan harus update kapan nggak update gitu nah startup full ada automatic ada otomatik ada manual ada disebut kenapa aku pilih manual kenapa aku enggak pilih disable saja kan aku nggak mau Indosat Dead Nah kalau aku pilih yang ini yang disebut maka aku benar-benar nggak bisa update bahkan walaupun kalau aku membuka menu update yang ini check for updates maka ini enggak akan berjalan karena ininya aku buat seterusnya disable makanya di sini aku buat yang manual supaya kalau aku buka yang ini Ini yang cepro update itu masih bisa berfungsi tapi suka-suka clean clean mau pilih manual atau pilih disable Terserah kalian jika sudah distop dan clean sudah memilih serap tipenya sekarang klik ok.


Nah begitulah cara mematikannya atau mengelola service ini kalian bisa Pilih satu persatu yang mana kalian rasa itu enggak guna untuk kalian kenapa aku enggak contoh insitu Bersatu Karena ini banyak sekali dan laptop kita programnya beda-beda background servicenya juga beda-beda meskipun ada kesamaan tapi ribet lah kalau, aku ceritain satu persatu kalian bisa pahami dari deskripsinya hati-hati mematikannya. Takutnya nanti ada service yang penting malah kalian matikan harus cermat Oke begitu penjelasan untuk servis jadi aku rangkum permasalahan pada bagian software aplikasi yang berat atau game yang berat atau sedang melakukan benchmark test atau jika kalian sudah menyelesaikan apa tadi masalah service udah lem matikan, matikan yang gak perlu maka itu mungkin bagian hardware-nya nah yang menjadi kisah nyataku yang aku alami pengalaman sendiri asli itu pada bagian Hardware. Jadi aku pusing karena dari sisi software aku sudah matikan matikan matikan sebuah yang service-service yang gak penting sampai yang ditaksirnya kumatikan di bagian tab startup nya juga gue banyak matikan punya semua aku minim akan kinerja laptopnya dari sisi software tapi masih panas Apa penyebabnya ternyata dari sistem pendinginannya, sebelum aku cerita tentang sistem pendinginan laptopku yang salah kita harus paham dulu gimana sistem pendinginan pada laptop bekerja jadi simplenya seperti ini ini prosesor yang menghasilkan panas itu proses organ processor panas.


Kemudian dari prosesor itu ada biasanya heat sink sebetulnya pipa logam kita sebut disini sebagai pipa logam menyebar mudah dipahami pipa logam nempel ke processor atau pada berangkat atau pada bagian yang dekat dengan prosesor biasanya nempel ini processor atasnya dan pipa ini logam ini tipe logam ini mengarah ke bagian ventilasi ventilasi laptop itu dimana ventilasinya ada pada bagian yang berlobang-lobang biasanya di bagian kiri atau bagian kanan atau bagian belakang dibelakang layar coba cek lesnya dimana nah panas dari prosesor itu nempel ke pipa logam tadi, kenapa karena tujuannya supaya panas itu enggak bertumpuk di satu Anda HD prosesor itu jadi dia menyebar sehingga suhunya tuh bisa kurang kurang dikit lah.


Nah Selain itu di dekat ventilasi itu biasanya dipasang kipas pastikan kipasan bekerja fungsi kipasnya apa fungsinya adalah untuk meniup ujung pipa logam ini supaya dingin jadi disini processor mengirimkan panas menyebarkan kVA ini kemudian ujung pipa ini ditiup kipas jadi berlawanan tuh ini sumber panas ini sumber mungkin sehingga mudah-mudahan bisa Netral suhunya tapi yang namanya sebagai perangkat normal tetap ada hangat-hangat dikitlah jadi cara kerjanya seperti itu nah yang aku alami saat itu adalah dari sisi software.


Oke semua nih udah aku cek cek cek semuanya oke Kemudian pada sisi hardware aku bongkar B cover belakang laptop aku lihat kipasnya mutar, Oke mutar berfungsi normal tipe hitching terpasang Oke semuanya Okelah itu kemudian aku penasaran dong aku bongkar kipasnya aku putar-putar Ya normal tapi ternyata saat aku lihat di bagian ventilasi laptop itu ada debu dan enggak kelihatan juga terlihat dari luar itu harus dilihat gimana ya agak tersembunyi gitu melihat kemudian Aku bersihkan pakai vacuum cleaner sambil kutiup juga dikipas juga pakai kuas di vacuum cleaner juga sampai bersih lah pokoknya ini semuanya berusia ventilasi bersih kipas bersih kemudian aku Mas Khan lagi ke mode laptopnya aku tempel ya Aku pasanglah tutup hp rapi kuhidupkan dan aku tes untuk menjalankan game berat aplikasi berat dan banyak sekali untuk yang membuka enggak panas mirip seperti laptop baru hangatnya ada tapi nggak sampai panas seperti sebelumnya itu selisih panasnya itu benar-benar jauh dari sebelumnya bersihkan dengan sesudah bersihkan Jadi bagi kalian ingat buah konsepnya software hardware software nya pastikan aplikasi-aplikasi iklan tutup dulu semua, tapi kasihnya tutup semua gamenya tutup semua.


Kemudian check in the task manager yang enggak guna-guna itu berhentikan itik hentikan aja tugasnya dan kemudian cleantech bagian servis-servis background yang gak berguna itu matikan matikan matikan matikan semua dan kalau masih panas C kipasnya dipastikan g-plus yang berputar ventilasinya bersih dan ini orang banyak enggak sadar itu ini seperti yang kualami bingung tuh bulan-bulan aku bingung mencari penyebabnya dan ternyata yaitu kotor di bagian ventilasi dalamnya cek aja lah kalian tiup atau bulan pake vacuum cleaner di ruas-ruas sampai bersih pasang kembali mantap mirip baru lagi.

Terima kasih telah menyimak ulasan penyebab laptop panas dan penanganannya. jangan lupa untuk mendukung situs ini semakin berkembang terima kasih 

No comments:

Post a Comment